Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Merubah Tampilan Dashboard WordPress

Tips Wordpress - Cara Merubah Tampilan Dashboard WordPress: Selamat gini hari rekan-rekan.

Anda bosan dengan desain stylesheet dari Dashboard WordPress yang itu-itu saja? Meski sebenarnya desain dashboard WP yang sekarang yang berwarna paduan hitam dan abu-abu tanpa gradasi warna jauh lebih ringan dibanding WP versi 2 atau versi 3 awal yang hasil cssnya menurut Saya meload cukup banyak ekstensi sehingga agak sedikit berat, tapi Saya rasa kita tetap saja pasti merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja ketika mengakses dashboard.

Saya memiliki rekomendasi desain css yang modern dan baru untuk tampilan dashboard WP Anda, meski tidak mengubah secara total, tapi perbaruan pada dashboard dengan plugin ini cukup membuat mata nyaman, hati santai, dan membuat rasa bosan, monoton itu akan hilang sejenak. Ada baiknya Saya sebutkan alasan sederhana berikut sebagai bagian dari keuntungan kita merubah desain tampilan css dashboard WordPress.

Frame yang terbentuk di masyarakat, WordPress masih belum memiliki kelas dalam persaingan pembuatan website. Mereka yang expert biasanya memilih developer yang bisa mendevelop website tanpa CMS OpenSource, padahal membuat website dengan WordPress bisa jauh lebih powerfull, hanya mereka tidak tahu. Nah dengan merubah tampilan dashboard, setidaknya sedikit mengaburkan pengetahuan klien atau user dashboard Anda jika Anda menggunakan CMS WordPress, hehe.

Keuntungan yang selanjutnya tentu saja memperbaiki mood, merefresh pikiran, dan membuat tampilan dashboard tidak monoton dan membosankan. Selain itu, tidak ada pengaturan yang ribet bin susah untuk menggunakan cara ini. Anda hanya perlu install plugginnya, aktifkan, and DONE!.

Nah bagaimana melakukannya? Haruskah merubah dan mengedit file css yang mengatur desain dashboard? Jawabannya adalah tergantung. Tergantung seperti apa keinginan Anda. Jika Anda memang ingin desain sendiri sesuka hati Anda, jawabannya adalah ya! Anda harus mengedit file css. Tapi jika Anda ingin perubahan tanpa perlu edit-edit css, maka caranya gampang, tinggal install salah satu dari lima plugin berikut ini.

Jika Anda bosan dengan desain developer plugin yang satu, silahkan ganti dengan plugin lain. Ini dia plugginnya.

Yuk Merubah Tampilan Dashboard WordPress

1. Blue Admin
Seperti namanya, pluggin ini akan membuat warna dashboard Anda berwarna biru. Tentu dengan font yang berbeda dan dropdown menu yang menarik. Silahkan mencoba.
Blue Admin Merubah Tampilan Dashboard WordPress
Blue Admin
2. Fancy Admin UI
Plugin ini menurut Saya memiliki desain css yang sangat clean, bersih, enak dipandang mata. Cocok untuk Anda yang suka desain simpel, saya rekomendasikan menggunakan pluggin ini.
Fancy Admin UI Merubah Tampilan Dashboard WordPress
Fancy Admin UI
3. Tamed Admin Theme
Desain dashboard dari developer pluggin ini menurut Saya tidak berbeda jauh dengan desain standar dashboard WordPress. Hanya menurut Saya lebih modern simpel dan punya tipe desain yang sedang populer yaitu desain flat.
Tamed Admin Theme Merubah Tampilan Dashboard WordPress
Tamed Admin
4. Reimagined Admin
Nah, desain css dari theme dashboard yang satu ini menurut Saya yang paling nyentrik dari tiga pluggin di atasnya. Developer menggunakan kombinasi warna yang kontras, yaitu ungu pekat, oranye, dan hitam. Icon-icon menu juga didesain berbeda dengan standar icon menu dashboard WordPress. Selanjutnya, menu admin di bagian atas dibuat fixed. Anda yang suka perubahan ekstrim, silahkan gunakan plugin ini untuk desain dashboard WordPress Anda.
Reimagined Admin Merubah Tampilan Dashboard WordPress
Reimagined Admin
5. Slate Admin Theme
Saya menggunakan desain css dashboard WordPress dari plugin ini di beberapa website yang Saya buat. Hal ini Saya lakukan sebagai bagian dari sedikit menunjukkan eksklusifitas desain kepada klien dengan tidak menggunakan desain css standar pada dashboard WP. Pluggin ini juga memberikan beberapa perubahan, jika standarnya menu dashboard dibuat fixed, maka pluggin ini membuatnya menjadi scroll. Selain itu icon menu yang semula berada di sisi kiri tulisan, dipindah ke sisi kanan.
Slate Admin Theme Merubah Tampilan Dashboard WordPress
Slate Admin


Silahkan Anda pilih sendiri dari kelima pluggin tersebut. Semua sesuai selera, karena bagus atau tidaknya sebuah desain tergantung taste masing-masing bukan? Indahnya keberagaman. Semoga ulasannya bermanfaat, silahkan dishare.