Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pengertian GPRS, EDGE, 3G, HSDPA


Pengertian GPRS, EDGE, 3G, HSDPA - Bagi kalian para netter mungkin sudah tidak asing dengan istilah-istilah yang saya sebutkan di judul. Namun pasti banyak yang belum mengerti mengenai pengertian GPRS, EDGE, 3G, dan HSDPA. Maka dari itu berikut adalah beberapa pengertian dari istilah-istilah tersebut:


internet



GPRS (General Packet Radio Service)  
suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2G. GPRS memungkinkan kita untuk mengakses e-mail, internet, mms, dll. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps. GPRS disingkat dengan huruf G.

EDGE
EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Pada EDGE kecepatan datanya 3 kali lebih besar dari GPRS, sekitar 384 kbps sampai 473 kbps. Dan EDGE biasa disingkat dengan huruf E.

3G
Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan Mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja. 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat. Sebesar 384 Kbps untuk kondisi bergerak. Paling sedikit sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik atau tidak bergerak. 

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
Merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama seperti 480kbps, tapi bisa dipastikan bahwa akses data melalui HSDPA lebih unggul daripada UMTS. 

Sekian artikel mengenai pengertian GPRS, EDGE, 3G, dan HSDPA semoga bisa menambah wawasan kita.


thanks to http://www.tituitbom.com