Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Membuat Email dengan Domain Sendiri di Outlook.com / Hotmail

Punya alamat email dengan domain milik sendiri pasti lebih keren daripada pakai email gratisan kan? :D Anda bisa membuat email pribadi seperti anda@namaanda.com atau anda@NamaPerusahaanAnda.com, pastinya lebih bonafit dan prestisius. Kalau Anda sudah punya nama domain dan hosting sendiri, membuat alamat email seperti itu sangat mudah. Tapi kalau Anda:
  • Belum punya hosting dan tidak berminat punya hosting, dalam arti Anda hanya perlu nama domain untuk email saja dan tidak perlu membangun website.
  • Sudah punya hosting tapi banyak menerima email sehingga space hosting Anda cepat habis atau bahkan sampai membebani kinerja server hosting.
Maka Anda dapat memanfaatkan Outlook.com untuk menjadi back-end email Anda, tetap dengan domain milik Anda sendiri. Dulu Anda dapat melakukan hal ini menggunakan Google dengan Google Apps-nya. Sebetulnya sekarang juga masih bisa, tapi sayangnya Google Apps sekarang sudah tidak ada versi gratis lagi. Nah, kebetulan Outlook.com-nya Microsoft memberikan layanan ini secara cuma-cuma :thumb4: Jadi kenapa tidak kita manfaatkan saja?
Oh ya, ada lho yang membuka jasa pembuatan email dengan Outlook.com menggunakan domain sendiri ini. Sebenarnya caranya mudah sekali, kalau bisa sendiri kenapa harus keluar uang untuk menggunakan jasa orang lain? Kalau sudah tahu caranya, malah Anda yang bisa buka jasa seperti itu :mrgreen: Walaupun kelihatan panjang prosesnya, tapi sebetulnya simple sekali koq, yuk kita lihat bagaimana caranya (di sini saya menggunakan contoh domain blog ini: jimmysun.net).
  1. Masuk ke http://www.domains.live.com/, lalu login dengan account live.com atau outlook.com atau hotmail Anda. Kalau belum punya, buat saja, gratis koq :)
  2. Setelah login, klik Get Started.
    email custom domain hotmail
  3. Masukkan nama domain Anda, lalu klik Continue.
    email custom domain outlook.com
  4. Masukkan captcha, lalu klik I Accept
    email dengan domain milik sendiri
  5. Anda akan dibawa ke halaman dimana terdapat instruksi untuk mengubah / menambah record-record di server Anda.Ingat! Kalau Anda sudah punya hosting sendiri dan domain Anda sudah diarahkan ke hosting tersebut, maka record-record yang harus diubah / ditambahkan ini harus Anda lakukan dari dalam account hosting Anda, bukan dari account registrar Anda. Misalnya Anda beli domain di NameCheap dan sudah mengarahkannya ke hosting Anda di HostGator, maka record-record ini harus Anda tambahkan dari cPanel-nya account Anda di HostGator.
    Tapi kalau Anda beli domain di NameCheap dan tidak menggunakan hosting (dalam hal ini servernya masih menggunakan default-nya NameCheap), maka Anda harus menambah record-record tersebut dari dalam account NameCheap Anda.
    Di contoh ini, karena domain saya jimmysun.net sudah punya hosting sendiri yang menggunakan cPanel, maka contoh yang saya tunjukkan di sini adalah contoh untuk menambah record-record tersebut di cPanel. Kalau hosting Anda tidak menggunakan cPanel atau Anda tidak menggunakan hosting, silakan hubungi support untuk menanyakan bagaimana cara menambahkan record-record tersebut bila Anda mengalami kesulitan.
  6. Lihat setting yang harus Anda buat di bagian Mail setup (required), lalu copy nilai MX server-nya, seperti ini:

    Yang di-copy adalah a398bb24a43639499b7cd0ce627b18.pamx1.hotmail.com (nilai ini berbeda-beda untuk setiap domain ya).
  7. Login ke cPanel account hosting Anda.
  8. Klik MX Entry.
    custom email with outlook.com
  9. Pilih domain Anda.
    custom email with hotmail
  10. Scroll sedikit ke bawah, buat record baru dengan mengisikan Priority dengan angka 10 dan Destination dengan nilai MX Record yang sudah Anda copy sebelumnya, lalu klik Add New Record.
  11. Di bawahnya, MX Record yang baru Anda tambahkan akan muncul. Hapus saja record yang sudah ada sebelumnya dengan meng-klik Delete di sebelahnya:

    sehingga menjadi seperti ini:
  12. Kembali ke Home cPanel Anda, lalu klik Advanced DNS Zone Editor.
  13. Pilih domain Anda, lalu buat TXT record dengan value yang dapat Anda lihat di halaman Windows Live Admin Center tadi, di bawah Server trust (recommended).

    Di Name, masukkan nama domain Anda. Di TTL, masukkan angka 3600. Untuk Type, pilih TXT. Dan untuk TXT data, copy value-nya (untuk contoh saya: v=spf1 include:hotmail.com ~all). Lalu klik Add Record.

    Hal ini diperlukan supaya email Anda tidak akan dianggap sebagai spam.
  14. Klik Refresh di bagian atas.
  15. Apabila berhasil, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman untuk menambahkan account:

    Ada kemungkinan Anda tidak akan langsung dibawa ke halaman untuk menambahkan account ini, tetapi Anda mendapatkan pesan bahwa Anda harus membuktikan kepemilikan domain tersebut. Kalau ini terjadi, lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya, dengan menggunakan setting di bawah Prove domain ownership (optional). Bisa ya.. :wink2:
  16. Tambahkan alamat email Anda dengan mengklik Add, dan isikan seperti ini:

    Account name adalah nama yang akan menjadi alamat email Anda. Di contoh di atas, account name saya isikan dengan jimmy, maka alamat email yang akan dibuat adalahjimmy@jimmysun.net.
  17. Klik OK dan selesai!

    Anda dapat menambahkan account-account lainnya (misalnya untuk pacar, kakak, adik, ayah, ibu dll) sampai dengan maksimal 50 account.
  18. Untuk mengakses email Anda, langsung saja login di outlook.com atau live.com atau hotmail.com. Username anda adalah alamat email yang baru Anda buat, begitu juga passwordnya adalah password yang baru Anda buat.
Gimana, gampang banget kan? :tongue2: Yang panjang di atas itu hanya tutorialnya, sebetulnya langkah-langkahnya sederhana saja koq.. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar