Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tip Trik Seputar Password (Kata Sandi)



password
Seperti sudah sobat sadari semua bahwa saat ini yang namanya hacker atau cracker semakin kreatif, dan dengan berbagai cara mereka berusaha menembus email, facebook, twitter, rekening online, website dan blog.sobat. Sebenarnya salah satu cara hacker menembus akun sobat adalah dengan cara menebak password. Hacker menggunakan script yang dapat memasukkan puluhan password tiap detik untuk mencoba masuk ke dalam akun sobat.
Beberapa cara hacker menebak password antara lain :
1. Brute force attack, yaitu dengan mencoba semua kombinasi, mulai dari aaaa sampai zzzz, sampai beberapa karakter.
2. Dictionary attack, yaitu dengan menebak menggunakan kata-kata dalam kamus, dikombinasikan dengan angka-angka atau karakter.
3. Personal information attack, dengan cara memasukkan data-data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama pacar, kode pos, dan sebagainya
Password yang sangat lemah akan sangat mudah dibobol hacker. Contoh password yang sangat lemah :
• 123456, qwerty, asdf, kombinasi ini mudah di keyboard, lihat letak kombinasi-kombinasi tersebut pada keyboard sobat.
• password, mypassword, dan lain-lain yang menggunakan kata-kata dalam kamus (semua bahasa).
• tanggal lahir, nama pacar, dan lainnya yang merupakan data diri para sobat.
• menggunakan semua huruf kecil.
• menggunakan minim kombinasi kata dan angka, misalnya buku10, teroris80.
• mengganti huruf dengan karakter, misalnya c1nt@
Cara membuat password yang kuat :
1. Merupakan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, nomor, dan karakter.
2. Panjang lebih dari 10 karakter.
3. Tidak menyertakan kata-kata dalam kamus.
Namun jangan sampai sobat lupa, password yang kuat juga harus mudah diingat oleh pemiliknya. Hal ini tergantung sobat pribadi. Lebih baik lagi jika sebat menyimpan password- password sobat tersebut.
Beberapa tips :
1. Jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai macam layanan, misalnya password email sobat sama dengan password facebook. Yang jelas dapat menimbulkan efek domino dimana seseorang yang dapat menjebol password facebook sobat, bisa juga menjebol password email sobat. Ditakutkan juga adanya oknum sebuah layanan memanfaatkannya untuk menjebol email sobat. Intinya tetap waspada.
2. Jangan mengklik link di email yang menyatakan sobat harus mem-verifikasi password sobat. Email ini dikirim oleh hacker.
3. Sebelum login ke email atau yang lain, pastikan URL di browser sobat benar. Misalnya mail.yahoo.com bukan mail.yahoo-ltd.com atau yahoo-verify.com atau yang lain.
4. Untuk rekening online seperti e-gold, klik BCA, paypal, dianjurkan sobat tidak mengetik password sobat lewat keyboard, karena hacker bisa membaca keyboard sobat dengan program keylogger.
5. Perbarui password- password sobat sebulan sekali atau jika memang kesulitan, rotasi saja password sobat misal password gmail dibuat password facebook, bulan selanjutnya dibuat password twitter. Layanan milik perusahaan besar seperti google, yahoo, paypal, facebook dan twitter sangat menjaga identitas konsumennya.
Gunakan On Screen Keyboard, Charakter Map, atau copy paste password sobat. Inilah mengapa sebaiknya sobat menyimpan password sobat.
Semoga dengan tips ini akun sobat aman dan terhindar dari kebobolan.