Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Toshiba Canvio Desk 3 TB, Bank Data untuk Pengguna Desktop

Jika Anda membutuhkan sebuah mendia penyimpanan yang portabel dengan ukuran di atas 2TB, maka tidak dapat mengandalkan sebuah HDD Eksternal portabel konvensional, sehingga harus menggunakan versi dengan tambahan daya. Salah satu yang dapat Anda lirik adalah Toshiba Canvio Desk 3TB.

Desain dan Fitur
Untuk bentuk fisik dari Toshiba Canvio Desk 3TB ini sama seperti kebanyakan hard drive eksternal untuk PC dekstop. Sedikit berbeda, Anda dapat memposisikannya secara horisontal dan vertikal. Canvio Desk dibekali dengan dudukan berbahan karet terletak di bagian bawah dan di samping bodi, sehingga dari penempatan dudukan tersebut sudah dapat ditebak bahwa hard drive yang satu ini dapat diletakkan dalam 2 posisi yang berbeda. Selain itu tidak mudah bergeser, dudukan tersebut dapat meredam getaran.


Bodinya juga terbuat dari bahan plastik keras bewarna hitam ada juga yang berwarna abu-abu, dengan beberapa ventilasi yang berguna untuk membuang udara panas. Di bagian belakang terdapat sebuah port microUSB 3.0 dan port untuk power. Dalam paket penjualannya juga sudah disediakan sebuah kabel USB 3.0 yang dapat digunakan baik untuk port USB 2.0 dan USB 3.0. Tentunya agar dapat berfungsi, Canvio Desk harus terhubung dengan sumber daya melalui stop kontak, hanya saja power adapter yang tersedia cukp besar.

Dibekali dengan Aplikasi Backup
Hard drive yang sudah di format dalam NTFS, dan Anda pun sudah dapat langsung menggunakannya dalam PC. Di dalam drive, Anda akan menemukan sebuah installer aplikasi NTI Backup Now EZ.

Aplikasi tersebut tentunya berguna untuk melakukan proses backup data. Untuk user interface termasuk mudah untuk dikenali tiap fungsi-fungsi yang tersedia. Anda dapat melakukan backup untuk file atau folder tertentu ke drive Canvio Desk, atau secara Cloud menggunakan layanan NTI Cloud Backup. Terdapat juga sebuah opsi untuk melakukan backup untuk keseluruhan sistem operasi Windows saja. Bahkan untuk keperluan restore sistem, Canvio Desk dapat digunakan untuk bootable drive.

Untuk setiap proses backup yang tersedia, terdapat pengaturan tambahan seperti opsi untuk melakukan proteksi dengan password, atau melakukan penjadwalan bakcup secara otomatis. Secara default aplikasi NTI Backup Now EZ ini hanya bekerja pada sistem operasi Windows saja, tetapi dapat juga kompatibel dengan Mac OS, bahkan mendukung Time Machine juga, asal Anda melakukan format drive ke HFS+.

Lalu bagaimana dengan performa transfer datanya. Tentu saja akan lebih optimal saat menggunakan port USB 3.0. Saat menggunakan port USB 3.0, perhitungan kecepatan menggunakan aplikasi IOMeter. Rata-rata kecepatam Read yang didapatkan adalah 147.4MB/s, sedangkan untuk Write adalah 136.8MB/s. Dengan kecepatan yang seperti itu, sebuah folder yang berisi berbagai file dengan ukuran 24GB pun dapat ditransfer ke Canvio Desk selama 20 menit saja.   Toshiba Canvio Desk 3 TB dibanderol dengan harga Rp 1.950.000 jika Anda ingin memilikinya.


Posting Komentar

0 Komentar