Header Ads Widget

Responsive Advertisement

ASRock Z87 Extreme 4, Mobo Berfitur Lengkap Di Kelas Mainstream

Berbagai varian motherboard yang mendukung Intel Haswell telah bermunculan di pasaran. Harga yang ditawarkan pun semakin terjangkau untuk kantong. ASRock Z87 Extreme 4 adalah salah satu motherboard andalan ASRock untuk kelas mainstream. Dibekali dengan komponen yang berkualitas, motherboard ini juga dilengkapi dengan fitur terbaru ASRock A-Style.

Intel Z87
Chipset ini ditargetkan untuk pengguna enthusiast yang mengutamakan performa. Dibandingkan dengan chipset Z77, hanya terdapat sedikit perberdaan yang ada. Dukungan 6 port USB 3.0 sebagaimana juga slot PCIe Gen 3 dan 6 port SATA merupakan beberapa perubahan. Selain itu Z87 juga mendapatkan 6 buah port SATA 6GBps.

Chipset Intel generasi 8x meliputi Z87, H87, B85, H81. Q87, dan 185. Fitur yang dihadirkan masing-masing chipset berbeda. Perbedaan mendasar lainnya dari Z77 dan Z87 adalah kemampuan onboard grafisnya yang lebih ditingkatkan, yakni menggunakan Intel HD 4600.


Socket yang digunakan adalah LGA 1150, sehingga anda pemilik seri prosessor Sandy Bridge dan Ivy Bridge mau tidak mau harus meninggalkan prosessor yang ada karena socket ini untuk Haswell. Satu-satunya "Hiburan" adalah pin cooler sama seperti Socket LGA 1155 dan 1156, sehingga cooler yang lama masih dapat dipakai.

Fitur
Untuk soal fitur, brand ASRock dikenal royal untuk memberikan fitur yang mendukung penuh multimedia. Fitur pertama adalah Purity Sound yang juga dibawa oleh seri motherboard Z87 Fatality Killer. Fitur ini merupakan kombinasi hardware, software audio dan teknologi yang mampu menghasilkan audio berkualitas tertinggi. Di dalamnya terdapat 7.1 CH HD audio dengan Realtek ALC1150 audio codec, 115dB SNR DAC dengan Differential Amplifier, TI 5532 Premium Headset Amplifier yang mendukung headphone dengan 600 ohm, teknologi cap less Direct Drive, EMI shielding cover dan PCB isolate shielding.

Fitur kedua adalah Home Cloud yang merupakan remote desktop. Denganya anda dapat mengakses PC secara remote baik dari notebook, desktop lain atau gadget. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan Intel Smart Connect dan opsi Wake On LAN pada BIOS. Selanjutnya dapat menggunakan 2 jenis akses yang berbeda. Akses pertama disediakan oleh Intel, dimana anda harus melakukan registrasi pada website meshcentral.com dan menginstall driver Mesh Agent. Kemudian akses kedua juga mengharuskan anda untuk melakukan registrasi dan menginstall aplikasi Splashtop 2 dan Splashtop 2 Streamer. Hasilnya, anda dapat menghidupkan PC atau mematikan berikut mengakses file yang tersimpan didalam harddisk. Tetapi sayangnya fitur ini hanya kompatibel dengan Windows 8 saja.

Lanjut ke fitur selanjutnya, pada back panel terdapat 2 buah port HDMI. Untuk Konektor HDMI-Out memiliki spesifikasi konvensional. Sedangkan untuk konektor HDMI-In merupakan bagian dari fitur A-Style ASRock. Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan tambahan sumber display video, seperti game console, kamera, media player dan sebagainya ke monitor via HDMI. Anda dapat mengubah sumber dari video dengan tombol kombinasi yang diatur dalam aplikasi A-tuning. Menariknya input HDMI juga bekerja saat PC sedang dalam keadaan mati.

Kemudian ada fitur lain condong ke performa, seperti penggunaan komponen Premium Gold Caps, DigiPower, 12 Power Phase dan aplikasi A-Tuning yang berguna untuk mengakses fasilitas seperti EZ OC, Auto Tuning, OC Tweaker, Live Update dan sebagainya.

Anda yang menggunakan bench table pun juga dapat diuntungkan karena terdapat tombol Power dan Reset. Selain itu terdapat tombol Clear CMOS juga.

Board Layout
Seperti seri motherboard Extreme lainnya, kombinasi warna hitam dan abu-abu masih dapat ditemui di sini. Dipadukan dengan solid state capacitor berwarna emas, jelas tampilannya terlihat keren.

12-phase voltage regulator Digi Power memastikan dukungan untuk semua prosessor LGA 1150. Beberapa komponen yang berpotensi menghasilkan panas tinggi dilindungi dengan beberapa heatsink tambahan, seperti misalnya chipset heatsink yang terpasang erat dengan sekrup.

Untuk memory RAM terdapat 4 slot yang mendukung hingga maksimal kapasitas 32GB dengan kecepatan atara 1066 hingga 2933MHz (OC). Secara umum sama seperti kebanyakan motherboard di kelasnya. Akan tetapi pada BIOS, pengaturan range kecepatan memory yang disediakan adalah 800 hingga 4000MHz. Walaupun batas atas kecepatan sangat sulit dicapai dengan modul memory biasa dan kondisi normal, ASRock mengklaim bahwa motherboard ini sudah dipersiapkan untuk meraih rekor overclocking. Slot memory pun dibekali dengan dengan teknologi Distortion Free, yang dapat mempengaruhi performa memory sehingga lebih baik.

Z87 Extreme 4 mendukung 3 kartu grafis yang dapat dipasang bersamaan dengan kecepatan x8/x4/x4. Jika yang dipasang salah satu saja, jelas dapat berjalan kecepatan penuh PCIe 3.0 x16. Sedangkan jika 2 buah kartu grafis dipasang, keduanya akan berjalan dalam kecepatan x8. Untuk penguncian kartu grafis pada slot, sayangnya ukuran kait yang ada termasuk kecil dan tidak terlalu nyaman untuk ditekan saat ingin melepas kartu grafis dari slot. Akan tetapi setidaknya mudah sekali untuk mengunci kartu grafis dengan cepat di slotnya. Selain 3 slot PCIe 3.0 x16, terdapat juga sepasang PCIe 2.0 x1 dan sepasang PCI slot.

Di samping 6 port SATA 6GB/s yang berbasis chipset bawaan, terdapat 2 lagi tambahan yang menggunakan controller dari ASMedia ASM1061. Salah satunya dikombinasikan dengan konektor back panel eSATA 6GB/s. Sayangnya kedelapan konektor SATA yang ada memiliki warna yang sama, pada secara spesifikasi seharusnya dibedakan.

Port Vertical USB 3.0
Di samping dari slot memory, terdapat sebuah port vertical USB 3.0. Sangat menarik perhatian karena tidak sering ditemui sebuah port USB diletakkan di tengah-tengah body motherboard, bukannya back panel. Tetapi hal ini mudah dijelaskan.

Chipset Intel Z87 dibekali dengan 6 port USB 3.0, dimana keempatnya terdapat di back panel. Port kelima ditransformasikan ke dalam 2 header onboard melalui splitter ASMedia ASM1074, sehingga anda dapat menghubungkan hingga 4 port USB 3.0 ke dalamnya. Sedangkan terakhir jelasnya yang terdapat di dekat slot memory. Saat diakses sebenarnya juga tidak terlalu efektif, terlebih jika motherboard terdapat di dalam casing.

UEFI BIOS
Sama seperti kebanyakan manufaktur motherboard lainnya, maka anda akan mendapatkan UEFI BIOS yang baru User Interface yang ada sangat mudah dipahami dengan berbagai grafis pendukung. Anda dapat bernavigasi dengan smooth seperti layaknya dalam sistem operasi Windows. Di bagian atas ditampilkan berbagai tab dengan dengan fungsi masing-masing. Tersedia Advanced Mode yang cocok untuk penggunaan enthusiast yang memerlukan pengaturan lebih detail lagi. Bahkan terdapat juga fitur screenshot, dan hasilnya dapat anda lihat pada halam ini.

ASRock membekali Z87 Extreme 4 dengan berbagai macam fitur overclock. Prosessor Intel Cire i7-4770K yang ada dapat dioverclock cepat ke angka 4.6GHz dengan mudah. Motherboard ini ditawarkan dengan harga Rp 1.810.000


Posting Komentar

0 Komentar