Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ghost Recon Phantoms

Game third person memang masih menjadi primadona sampai saat ini. Terbukti masih banyak developer yang merilis game dalam konsep ini meski dikemas dalam gaya yang berbeda. Mulai yang cuma mengandalkan run and gun atau yang mengandalkan taktik ala Rainbow Six.

Game yang akan kita ulas kali ini sebenarnya juga bukan franchise lawas. Ghost Recon sudah dirilis dalam berbagai seri oleh Ubisoft. Terakhir adalah Future Soldier yang mendapat sambutan cukup bagus meski juga bukan game yang benar-benar istimewa.

Lalu apalagi yang ditawarkan oleh seri ini, yang diberi embel-embel Phantoms.

Game ini sebenarnya juga bukan game baru. GRP adalah nama baru untuk Ghost Recon Online yang dibuat oleh Ubisoft Singapore yang dirilis pada tahun 2012 lalu, dengan perombakan di kualitas visual. Yang menjadi penanda pindahnya Ghost Recon Online Standalone client menjadi platform steam untuk mengunduh client-nya. Namun Anda tetap harus punya ID Ubisoft untuk bermain. Dan game ini masih dirilis gratis.

Untuk urusan interface tidak banyak mengalami perubahan. Mungkin hanya terlihat sedikit rapi saja dan mudah. Lalu perlengkapan Anda juga lebih dimodernisasi. Desain senjata maish tetap, levelnya juga tidak berubah, hanya mapnya saja yang dibikin lebih detail.

GRP disetting di 20 tahun ke depan. Dimana negara-negara yang punya teknologi canggih telah menjadi supremator dunia. Dimana salah satunya adalah Athena Corp.

Dari sinilah Ghost kemudian pecah jadi 2, antara yang ingin membutuhkan dunia dan yang masih ingin menegakkan keadilan. Bla bla bla .... secara keseluruhan tidak ada yang cukup menarik untuk kita simak di sisi storyline.

Lalu di urusan gameplay, ada hal menarik yang Anda bisa lihat di dalamnya. Dimana GRP sangat membutuhkan kordinasi antar pemain yang sangat baik. Anda tidak bisa asal maju saja dan dar der dor sendirian. Anda bisa berkordinasi dengan rekan-rekan Anda dalam 1 regu Anda untuk menjadi sebuah tim yang solid. Agar Anda tidak salah langkah dan hasilnya akan fatal. Karena AI dalam game ini didesain sangat baik.

Beberapa fitur lainnya masih tetap, seperti cover atau menyusuri tembok sambil berlindung. Posisi yang bisa terus berubah saat berlindung juga menjadi poin plus yang akan menyulitkan lawan kita ketika akan membidik Anda.

Bonus status akan Anda dapatkan saat Anda bergerak bersama-sama dengan rekan-rekan Anda. Seperti bonus akurasi, health, dan lain-lain. Maka manfaatkanlah itu dengan baik. Jangan suka bergerak sendirian. Disini sangat dianjurkan untuk menggunakan voice chat sebagai media komunikasi cepat.

Gerakan karakter juga harus Anda perhitungkan. Karena GRP didesain dengan gerakan yang real. Anda akan lihat karakter Anda berjalan lebih berat dengan berbagai perlengkapan yang dibawa. Dan inipun akan berimbas ke saat Anda akan melakukan sprint. Karena karakter Anda akan perlu waktu mengokang senjata beberapa detik ketika habis berlari.

Semua senjata dan armor bisa diganti atau Anda upgrade, tapi masih ada beberapa senjata yang tidak Anda apa-apakan di bagian-bagian tertentunya.

Lalu untuk class, disini Anda bisa lihat 3 yang disediakan oleh Ubisoft, yaitu Assault, Recon dan Specialist. Masing-masing tentu berbeda peran. Assault lebih cocok diletakkan di garis depan karena kemampuan tempurnya yang tinggi. Recon bisa Anda manfaatkan teknologi cicaknya untuk mengelabui musuh, dan Specialist lebih cocok untuk sebagai pasukan infiltrasi seperti penggunaan EMP blackout atau menonaktifkan gadget lawan.

Mode gamenya terbilang sangat sedikit dan semuanya kurang lebih berfokus pada penguasaan teritori. Hanya saja alur pertempurannya sangat sulit ditebak. Ini yang membuat suasana medan pertempuran sangat menantang.

Lalu untuk urusan matchmaking-nya, masih terjadi gap yang jauh antara pemain yang sudah mencapai tingkat dewa dan newbie. Dan ini belum diperbaiki oleh Ubisoft, meski mereka sudah menjanjikannya.

Membeli perlengkapan dan senjata dapat Anda lakukan dalam in-game shop. Sayangnya, itu terlalu banyak dan seolah sangat memaksa. Banyak perlengkapan dan senjata yang nyata-nyata harus Anda beli dalam in-game shop dan dipastikan tidak akan Anda temukan disepanjang permainan. Dan harganya pun relatif mahal.

Secara overall, GRP memang menjadi game yang masih cukup menarik untuk dimainkan. Meski lagi-lagi juga tidak terlalu istimewa. Berbagai variasi yang disuntikkan Ubisoft di dalamnya terlihat sangat menarik, apalagi game ini dirilis gratis. Sayangnya beberapa handicap seperti matchmaking tidak adil serta in-game shop yang seolah memaksa justru menurunkan pamornya.

Posting Komentar

0 Komentar