Header Ads Widget

Responsive Advertisement

TP-Link TL-WA850RE, Perangkat Untuk Perluas Jangkauan Sinyal WiFi

Terdapat istilah dead spot, atau yang biasa disebut dengan nonspot. Yakni area yang tidak menerima sinyal atau menerima tapi lemah dari sebuah hotspot WiFi. Alasanya bermacam-macam, tetapi biasanya dalam sebuah bangunan hal tersebut terjadi karena banyaknya tembok tebal atau posisi beda lantai dengan hotspot.

Idealnya sebuah router WiFi yang berlaku sebagai hotspot diletakkan pada tengah ruangan, tetapi jika Anda berada dalam sebuah kamar atau ruangan yang dipisahkan oleh beberapa tembok, maka sinyal WiFi pun "tiarap" dan tentunya aktivitas berinternet terganggu.

Solusinya Anda dapat menggunakan perangkat wireless range extenders, fungsinya adalah memperkuat jangkauan sinyal WiFi. Cara kerjanya cukup mudah, dimana perangkat menerima sinyal dari router dan memancarkannya kembali sehingga dapat ditangkap oleh laptop, smartphone, atau tablet walau Anda berada cukup jauh dari router. Salah satu wireless range extender yang dapat dicoba adalah TP-Link TL-WA850RE.

Pasang Langsung di Stop Kontak
Perangkat ini memiliki bentuk yang simpel sekali, dengan dominasi warna putih dan juga terdapat lampu indikator informasi status koneksi dan power berbentuk melingkari di sisi depannya. Kemudian di bagian belakang bodi dapat ditemukan konektor power yang dapat langsung ditancapkan di stop kontak untuk menghidupkan perangkat ini. Sehingga tidak seperti layaknya router yang memerlukan adaptor terhubung dengan kabel untuk pengisi daya.

Dengan desainya yang ringkas, Anda dapat memindahkan perangkat ini dengan mudah dan mengaktifkannya asalkan ada stop kontak. Di dalam paket penjualannya, Anda akan mendapatkan unit, kabel Etheret (LAN), Quick Instalation Guide dan Resource CD. Kabel LAN disediakan misalkan Anda ingin menghubungkan perangkat lain seperti printer, smartTV atau PC misalnya.

Tes Perangkat
Cara menggunakan perangkat ini sangat mudah. Tancapkan terlebih dahulu di stop kontak, lalu tekan tombol WPS di router, lanjut tekan tombol di sisi depan perangkat dan sinyal WiFi dan router akan ditangkap, setelah indikator sudah menyala semuanya, berarti sinyal WiFi sudah dipancarkan melalui extender. Kemudian jika router diproteksi dengan password, terdapat pengaturan mudah yang perlu dilakukan via browser PC atau laptop agar nantinya perangkat yang terhubung ke extender dapat langsung terkoneksi.

Anda bisa mencobanya di dalam rumah dengan menggunakan smartphone untuk mengetes sinyal WiFi. Router ditempatkan pada ruang keluarga yang berada di tengah-tengah rumah. Lalu posisi Anda ada di dalam kamar tidur, walau jaraknya hanyak 5 meter, tetapi sebuah tembok tebal cukup menjadi penghalang sehingga kekuatan sinyal yang didapatkan hanyalah Fair. Setelah memasang extender di kamar, kekuatan sinyal akan menjadi Excellent. Yang perlu diperhatikan adalah agar sinyal dipancarkan extender optimal, tetap akan lebih baik jika tidak ada penghalang antara router dengan extender, terlebih lagi jika jarak keduanya cukup jauh semisal lebi dari 10 meter.

Jika nantinya akan menggunakan perangkat di ruangan yang lain, tidak perlu ada proses yang repot lagi karena konfigurasi dari router sudah disimpan saat pertama kali tersambung. Sehingga cukup tancapkan lagi ke stop kontak, tekan tombol di bodinya dan sinyal WiFi pun dipancarkan kembali ke router.


Spesifikasi dan Harga TP-Link TL-WA850RE
Tampilan
1 * 10/100M Ethernet Port (RJ45)
Jenis Plug
EU, UK, US
Tombol
RE (Range Extender) Button, Reset Button
Standar Nirkabel (Wireless)
IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Antena
2 * internal
Dimensi ( W x D x H )
4.3x 2.6 x 3.0in. (110.0 x 65.8 x 75.2mm)
Konsumsi Daya
About 3W
Kebutuhan Sistem
Microsoft® Windows® 98SE, NT, 2000, XP, Vista or Windows 7, 8, Mac® OS, NetWare®, UNIX® or Linux.
Harga
Rp 300.000

Posting Komentar

0 Komentar