Header Ads Widget

Responsive Advertisement

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Visio

Bagi anda yang sering bergelut dengan grafik, diagram alur, maka program yang paling sesuai dengan kebutuhan semua orang adalah Microsoft Visio. Program standar industri yang memungkinkan untuk anda menampilkan diagram yang kompleks dengan cepat dan mudah. Selain itu, memungkinkan anda untuk mengedit diagram anda jika pernah membutuhkan untuk diubah. Program ini sangat bagus, namun mahal dan tidak semua bisa membelinya.

Sekarang anda bisa menggunakan beberapa alternatif Visio gratis yang mungkin tidak sangat performant tapi masih bisa memberikan fitur yang tak kalah bagus dengan Visio.

DIA Diagram Editor
Aplikasi ini tersedia lebih dari 600 bahasa. DIA adalah program untuk menggambar sebuah diagram terstruktur. Dengan program ini anda bisa menggambar diagram hubungan entitas, UML diagram, diagram alur, diagram jaringan, dan banyak diagram yang lainnya.

Program ini memiliki built-in kemampuan untuk memuat dan menyimpan diagram ke format XML kustom (gzip secara default, untuk menghemat ruang), ekspor diagram ke beberapa format seperti EPS, SVG, Xfig, WMF dan PNG dan diagram cetak.

Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan dukungan dalam bentuk yang baru dengan menulis file XML sederhana, menggunakan subset dari SVG untuk menggambar bentuk. Selain berfungsi pada Windows, DIA bekerja sama dengan baik dengan Mac dan Linux.
Open Office Draw
Perangkat lunak gratisan yang satu ini memiliki sebagian besar manfaat dari antamuka Microsoft Office dan termasuk beberapa aplikasi yang sangat berguna untuk membuat sebuah diagram, presentasi, speadsheet dan database.

Apliaksi ini juga menyediakan fitur "Connectors" antara bentuk, yang tersedia dalam berbagai gaya garis yang memfasilitasi membangun gambar seperti flowchart.

Menggunakan fitur "Arrange Objects" bisa satu kelompok, bisa ungroup, regroup, dan mengedit obyek yang sementara dikelompokkan. Fitur lainnya seperti render memungkinkan anda untuk membuat gambar yang realistis dengan tekstur anda sendiri, efek pencahayaan, tranparansi dan perspektif.

Selain itu, bahkan memiliki kemampuan untuk mengimpor grafis dari semua format umum seperti BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, dan MWF dan memungkinkan anda untuk menciptakan seni anda senditri dan menambahkannya ke galeri.
Inkscape
Inkscape adalah salah satu editor grafis vector Open Source dengan antarmuka streamline yang bisa membuat node editing, melakukan operasi path kompleks, melacak bitmaps jauh lebih mudah. Meskipun tidak menyediakan semua fitur dari editor vector terkemuka, versi terbarunya menawarkan sebagian besar grafis vector dengan kemampuan pengeditan yang dasar.

Program ini mendukung banyak SVG canggih (Scalable Vector Graphics) fiturnya seperti spidol, klon, alpha blending, dll selain itu, ia memiliki kemampuan untuk mengimpor format seperti JPEG, PNG, TIFF dan lain-lain dan ekspor PNG serta beberapa vector format berbasis.
Graphviz
Graphviz merupakan informasi struktual sebagai diagram grafik abstrak dan jaringan. Software open source ini merupakan visualisasi grafik yang meliputi beberapa program layout grafik utama. Dibutuhkan deskripsi grafik dalam bentuk bahasa teks sederhana dan kemudian membuat diagram dalam beberapa format yang berguna.

Beberapa fitur Graphviz :
- Color
- Fonts
- Tabular node layout
- Line styles
- Hyperlink
- Costum shapes

Untuk versi yang terbaru telah ditambahkan dua fitur ke program seperti :
- Lightweight edge labels (xlabel)
- Tapered edges (as a style)
Kivio
Kivio, bagian dari open source KOffice office suite dimana sebuah program gratis untuk membuat diagram dan diagram alur. Dia memiliki user interface yang mirip dengan software Visio tetapi berbeda dalam cara menambahkan grid untuk bidang menggambar dan memberikan pilihan untuk membelah panel menjadi dua daerah gambar.

Beberapa fitur yang menarik di software Kivio ini :
- Stensil Scriptable menggunakan Python
- Dukungan untuk Dia stensil
- Kerangka plugin untuk menambahkan fungsionalitas.

Jadi, anda bisa menyesuaikan program mana yang lebih cocok dengan krakter dan pekerjaan anda sendiri. Semua pilihannya, namun tergantung pada prefensi pengguna potensial. Selamat mencoba.


Posting Komentar

0 Komentar