Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Wearnes ZeusPhone ZP-531, Phablet Jelly Bean Dengan Kamera 13 MP

Untuk perangkat mobile, brand Wearnes dikenal melalui produk tabletnya. Baru-baru ini, mereka juga mulai merambah ke perangkat smartphone, yakni melalui seri ZeusPhone ZP-531. Satu hal yang ditawarkan pada smartphone yang satu ini adalah layarnya yang lebar sehingga bisa dibilang termasuk sebagai sebuah phablet.

Sekilas Wearnes ZeusPhone ZP-351 mirip seperti Samsung Galaxy Mega 5.8, hanya saja ZeusPhone ini lengkungan sudut-sudutnya lebih lebar. Di samping kiri bodinya terdapat tombol volume, sedangkan untuk sisi kanan dapat ditemukan tombol power. Alangkah baiknya jika kedua tombol tersebut berada di sisi yang sama agar lebih mudah diakses mengingat layarnya lebar. Bagian atas bodi diisi jack audio 3.5 mm, dengan bagian bawah terisi jack audio 3.5 mm dan mikrofon.

Kemudian untuk bodi bagian belakang sisi atas terdapat flash, kamera dan sepertinya mikrofon kedua yang mengusung fitur noise-collection. Seaker terletak di sudut kiri bawah. Slot MicroSD dan kedua kartu SIM dapat diakses dengan melepas baterai terlebih dahulu.
Satu hal yang pasti adalah layarnya lebar, yakni 5,3 inci. Hanya saja resolusinya masih 540 x 960 pixels (qHD) dengan kerapatan pixels 240 ppi. Resolusi tersebut sebenarnya termasuk rendah dengan besarnya layar yang dipakai, dan biasanya resolusi qHD lebih cocok untuk layar smartphone antara 4-4,5 inci. Sehingga tampilan ikonnya terlihat tidak terlalu mulus, masih ada sedikit sudut kasar. Tetapi hal tersebut hanya dapat disadari jika Anda benar-benar melihatnya dari dekat. Walaupun begitu tidak mengganggu dan Anda dapat membaca teks yang ada jelas.

Karakter layarnya lebih cenderung cerah dan saturasinya tidak terlalu tinggi. Akan tetapi menariknya adalah saat digunakan di luar ruangan, bahkan di bawah terik matahari jam 3 siang, konten di layar masih dapat terbaca dengan nyaman. Layar pun tidak telalu reflektif, asalkan tingkat kecerahan layar dinaikkan hingga 100%. Untuk dalam ruangan, tingkat kecerahan layar dinaikkan hingga 100%. Untuk dalam ruangan, tingkat kecerahan 30% saja sudah dirasa cukup.

Di bagian atas layar terdapat LED nontifikasi, kamera depan, earpeiece dan sensor cahaya serta proximity. Kemudian untuk tombol navigasi terdapat di bawah layar. 2 berupa softkey yakni Menu dan Back yang mengapit tombol fisik Home.
 
Untuk interface, Wearnes ZeusPhone menggunakan UI yang mirip dengan TouchWiZ milik Samsung. Hal ini terlihat dari default widget WeatherClock dan ikon-ikonnya, serta efek suara "celupan air" saat latar dihidupkan dan pada saat dimatikan. Bahkan app drawer pun juga memiliki tampilan yang sama dengan terbagi menjadi 3 tab, yakni Apps, Widget dan shortcut Play Store. ZeusPhone dibekali dengan Android Jelly Bean 4.2.2.

Shutter foto dan video terdapat di dalam satu layar yang sama. Kemudian untuk pengaturan kamera belakang tergolong standar, tersedia opsi Zero shutter delay, Face detection, Self timer, Continuos shot sampai 99 kali jepretan, ISO sampai 1600, White Balance, Exposure, Anti flicker, dan Color Effect. Lalu untuk Capture mode tersedia Normal, HDR, Panorama, MAV, Auto Scene Detect, Smile shot, Best Shot dan EV Bracket shot.

Untuk menggunakan resolusi kamera 13MP, ukuran jendela preview harus diganti menjadi Standart (4:3). Sedangkan jika ukuran preview menggunakan Full Screen, maka resolusi dibatasi maksimal 6MP saja. Lanjut ke mode perekaman. Dengan mode Fine, kamera dapat merekam dalam resolusi Full HD dengan framerate 30 fps dan audio stereo 48KHz. Format video pun dapat dipilih antara 3GP atau MP4, dengan ukuran video yang sama. Perekaman video full HD selama 30 detik menghasilkan ukuran 83,6MB. Satu hal kekurangan dalam mode perekaman adalah jendela preview langsung melakukan zoom saat perekaman video berjalan. Oleh karena itu mau tidak mau Anda harus mundur untuk menyesuaikan dengan objek yang direkam.

Sedangkan untuk kamera depan, sayangnya resolusi yang digunakan hanya VGA. Hasil foto dan video termasuk mengecewakan, terlihat tidak tajam, lambat dan peuh dengan noise. Anda jelasnya tidak dapat mengandalkan kamera depan untuk mengambil foto selfie.

Wearnes ZeusPhone dibekali dengan prosesor MediaTek MT6589 1.2GHz, RAM 1GB dan GPU PowerVR SGX544. Tidak ditemui lag saat memainkan game-game HD terbaru. Untuk memutar video MKV resolusi Full HD 1080p pun tidak ada masalah juga. Prosesor MT6589 yang digunakan beroperasi dengan baik pada aplikasi multi-thread, hal seperti browser misalnya. Phablet ini tersedia dalam 3 warna, yakni Ivory White, Titanium Grey dan Sapphire Blue. Wearnes ZeusPhone ZP-531 dibanderol dengan harga Rp 2.599.000 dan Anda mendapatkan casback Rp 300.000 hingga 14 Maret 2014.



Posting Komentar

0 Komentar