Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Western Digital Black 4TB, HDD Kapasitas Besar, Transfer Data Lebih Kencang

Walau saat ini pamor SSD mulai menanjak, tetap saja sebuah hard disk (HDD) di dalam PC masih diperlukan, khususnya untuk menyimpan berbagai file mengingat kapasitas SSD sendiri tidak sebesar HDD. Jikapun besar, harganya pastilah mahal. Oleh karena itu, hingga saat ini SSD berlum dapat menggeser peran HDD.

Tentu saja bagi Anda yang menyimpan berbagai file dengan ukuran beratus giga ataupun ukuran terabyte, maka Anda wajib hukumnya untuk memiliki HDD dengan kapasitas minimal 1 Terabyte (TB). Western Digital (WD) yang terkenal sebagai manufaktur produk HDD memiliki solusi bagi Anda yang menginginkan sebuah media penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar, yakni 4TB melalui seri Western Digital Black 4 TB.

Masih menggunakan kecepatan 7.200 RPM, WD Black ini memiliki posisi antara seri HDD WD Green yang low-power efisien dengan kecepatan 5.400 RPM dan seri high-end VelociRaptor dengan kecepatan 10.000 RPM.

Dari sisi spesifikasi hardware, WD Black 1TB ini masih menggunakan platter 800GB. Berarti untuk model 4TB ini terdapat 5 platter di dalamnya. Untuk bentuk fisiknya tidak jauh berbeda dengan model yang lainnya, menggunakan standar ukuran 3,5 inci dengan interface SATA 6Gbps. WD masih menempatkan komponen seperti controller, RAM dan motor untuk membuang panas ke bodi, yang juga dapat berlaku sebagai sebuah heatsink berukuran besar. Sebagai tambahan, WD menempatkan sebuah form pad antara drive dengan papan sirkuit untuk membantu menyerap getaran.

Untuk melakukan pengujian kecepatan, digunakan motherboard MSI 970A-G45 yang sudah mendukung fasilitas port SATA III 6Gbps. Beberapa motherboard membutuhkan proses update BIOS agar dapat mengenali driver di atas kapasitas 2TB sehingga jika sistem Anda tidak mengenalinya, bisa melakukan update BIOS terlebih dahulu.

Kecepatan transfer data diuji menggunakan apliakasi AS SSD Benchmark, yang diukur adalah kecepatan sequential Read dan Write untuk mengukur performa menyalin file (Copy). Sebagai perbandingan pengujian, digunakan WD Blue 1TB (WD10EZEX). Setiap melakukan Benchmark dilakukan reboot untuk mencegah proses data caching pada Windows atau pada drive.

Hasil pengujian untuk WD Black 4TB adalah 161,25MB/s (Read) dan 148,32MB/s. Sedangkan untuk WD Blue 1TB adalah 102,14MB/s (Read) dan 101,29MB/s.

Selain itu di aplikasi AS SSD Benchmark terdapat juga tool untuk melakukan simulasi pengujian kecepatan menyalin file dalam 3 Kategori, yakni ISO, Program dan Game. Yang dinilai adalah kecepatan transfer dan durasinya. Untuk file ISO, WD Black 4TB lebih cepat 5 detik dibandingkan dengan WD Blue 1TB. Lalu untuk file program lebih besar lagi perbedaanya, yakni 24 detik.

Spesifikasi dan Harga WD Black 4TB (WD4003FZEX)
Interface : SATA 6 Gb/s
Rotational Speed : 7.200 RPM
Buffer Size : 64 MB
Load/Unload Cycles : 300.000 minimum
Formatted Capacity : 4.000.787 MB
Capacity : 4TB
Form Factor : 3,5 inch
User Sectors Per Drive : 7,814,037,168
Harga : Rp 3.020.000

Posting Komentar

0 Komentar